webadmin's picture

Resep Masakan Empek-Empek Palembang

Kuliner
ilustrasi foto dari bisniskuliner.com

Siapa yang tidak mengenal empek-empek ? Makanan khas dari dearah Sumatera selatan, khususnya Palembang ini sudah menjadi makanan kegemaran masyarakat Indonesian pada umumnya. Jenis makanan ini adalah kudapan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Biasanya disajikan bersama kuah cuka (cuko) yang berwarna hitam kecoklatan, potongan ketimun, sedikit mie basah atau soun serta udang kering yang ditumbuk (ebi).

Tidak jelas siapa dan bagaimana sejarah terjadinya empek-empek. Namun menurut cerita rakyat masyarakat Palembang, empek-empek adalah hasil kreasi Apek (sebutan/panggilan bagi kaum lelaki masyarakat Cina) yang mengolah kelebihan ikan di daerah tersebut. Penjaja kudapan baru ini dipanggil Mpek/Apek sehingga terciptalah nama Empek-empek. Berdasarkan cerita rakyat tesebut, sangatlah mungkin empek-empek adalah adaptasi dari makanan Cina seperti bakso ikan, ngoh yang dan kekian.

Membuat empek-empek tidaklah sulit dan bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan. Mari mencoba membuatnya sendiri di rumah. Yang pasti lebih sehat dan maknyus rasanya.

Resep dasar adonan empek-empek

Bahan-bahan yang diperlukan:
1 kg daging ikan belida atau tenggiri, haluskan
1/2 kg tepung sagu

Bahan untuk membuat lem sagu/biang:
2 sdm garam
50 g tepung terigu
400 ml air
2 sdm minyak goreng
1 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat adonan biang/lem:
Tepung terigu, air, garam, gulag pasir, bawang putih dicampur dan diaduk. Kemudian dimasak di atas api kecil sambil diaduk-aduk sampai mengental. Bila sudah mengental, diangkat dan tambahkan minyak goreng. Dinginkan.

Cara membuat adonan dasar empek-empek:
Campurkan ikan halus dan adonan biang sedikit demi sedikit. Lalu tambahkan tepung sagu secara bertahap. Aduk dan uleni dengan tangan sampai adonan tercampur rata. Bila adonan terlalu keraas tambahkan adonan biang agar lentur. Adonan dasar empek-empek siap digunakan untuk membuat berbagai macam empek-empek.

Berbagai jenis pengolahan empek-empek yaitu dibakar, direbus dan dikukus. Jenis empek-empek dibakar yaitu lenggang, tunu serta otak otak ; yang direbus yaitu lenjer, kapal selam; yang dikukus yaitu empek-empek kerupuk.

Biasanya empek-empek digoreng dahulu sebelum disajikan.

Resep kuah cuka

Bahan-bahan yang diperlukan:
1/2 kg gula merah
2 sdm asam jawa
3-4 sdm cuka
5 gelas air
8 siung bawang putih, cincang halus atau tumbuk
2 sendok makan ebi, siram air panas, haluskan
30 buah cabai rawit, dihaluskan
5 buah cabe merah, haluskan
garam secukupnya

Cara membuat:
Diatas api, didihkan air, gula merah, asam jawa dan cuka. Setelah mendidih, angkat dan saring larutan cuka ini. Masukan bawang putih, cabe rawit, cabe merah, garam dan ebi halus ke dalam kuah cuka. Tambahkan garam. Didihkan kembali kuah cuka ini diatas api. Bila mendidih, angkat dan dinginkan.