webadmin's picture

Pembuatan Kapal Perusak Siluman Rusia 'Stealth Destroyer' masih tanda tanya

News
Ilustrasi Stealth Destroyer

Rusia berencana untuk mulai membangun generasi baru kapal perusak  "siluman" (stealth destroyers
) pada tahun 2012 yang akan membentuk tulang punggung kekuatan militer Rusia.

Tapi karena banyak dari pendapatan Rusia berasal dari penjualan senjata dan ekspor, bahwa teknologi siluman baru mungkin hanya hype ( wacana ) dan fiktif yang dirancang untuk menjual perahu / kapal laut saja, dikatakan oleh Thomas Fedyszyn, direktur Kelompok Studi Eropa-Rusia di US Naval War College di Newport.

Ada pendapat seperti itu mungkin masa iya kita berkata kapal siluman rahasia tapi berita ini dipublikasikan.

"Mereka mencoba untuk menjualnya ke India, Vietnam dan Indonesia ... sebagai target pasar mereka.

"Sebagian besar kapal perang yang dibangun ini mempunyai kelebihan fitur rahasia," kata James Holmes, seorang profesor rekan di Naval War College yang mengkhususkan diri dalam kekuatan armada laut Asia. AS telah membangun kapal stealthier selama dua dekade, katanya.

"Rusia sudah membangun kapal rahasia untuk Angkatan Laut India," katanya kepada FoxNews.

Berita itu muncul pada awal Agustus - hampir dua dekade setelah F-22 Raptor diresmikan, jet siluman AS prototipe pertama. Rusia juga menggambarkan pesawat itu sebagai "tulang punggung" dari angkatan udara Rusia, dan India.

"Kerjasama Rusia dengan India pada proyek ini akan membantu mempromosikan jet generasi kelima di pasar asing," kata Mikhail Pogosyan, presiden United Aircraft Corporation, perusahaan induk penerbangan negara, kantor berita RIA Novosti.

Selama 20 tahun berikutnya, negara itu berencana untuk membangun 14 sampai 16 dari kapal perusak baru, yang akan dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk rudal anti-kapal, anti-kapal selam torpedo, dan kapal pesiar dan rudal anti-pesawat. Dan itu bisa menggantikan tiga jenis kapal.

Pakar AS kurang antusias.

"Saya tidak yakin bahwa mereka akan merevolusi peperangan baru," kata Fedyszyn FoxNews. "Ini mungkin bukan teknologi siluman revolusioner yang membuat mereka terlihat untuk segala sesuatu sepanjang waktu," katanya.

Rusia tidak mempertimbangkan angkatan lautnya simbol kebanggaan nasional dan prestise, Holmes menunjukkan, jelas merupakan kunci kedua motif di balik perahu hype siluman.

Bagaimana bisa menyembunyikan kapal dengan berat 10.000 ton itu ?

Ukuran tipis seperti kapal akan membuat hampir mustahil untuk membuatnya benar-benar terlihat oleh setiap sensor. Perbaikan ke kapal-kapal Rusia yang baru - dengan tepat jenis teknologi stealth tidak dijelaskan - tweak evolusi yang kemungkinan serupa dengan yang diberlakukan oleh angkatan laut lainnya.

Setiap produsen membuat kapal hari ini adalah menambahkan "stealth" teknologi, dari gasket karet bahwa diam pompa untuk lebih lembut, kurang-reflektif sudut untuk bahan-bahan baru yang menyerap sinyal radar daripada mereka kembali bangkit.

"Setiap orang yang yang membangun kapal hari ini adalah mengubah sudut sehingga mereka tidak menjadi beacon radar," kata Fedyszyn FoxNews.

Kapal Ingalls, produsen terbesar perusak Arleigh Burke US Navy, telah dibangun beberapa tweak ke perahu-perahu terbaru untuk meningkatkan siluman. Seorang juru bicara Ingalls menolak permintaan FoxNews untuk informasi lebih lanjut.

Teknologi tembus pandang sedang dibangun ke dalam kendaraan militer yang tak terhitung jumlahnya juga, terutama "tangki transparan" yang dibangun oleh BAE Systems. Salah satu cara bahwa perusahaan membuat menyembunyikan tank adalah Adaptiv - sebuah baju besi membungkus yang terlihat dan terasa sebagai salah satu membayangkan sisik naga.

Angkatan Laut AS juga berencana membuat kapal perusak generasi sendiri, disebut kelas Zumwalt atau DDG 1000, ia dirancang untuk menjadi lebih stealthier dari kapal perusak generasi yang ada saat ini - dan sebagian besar dibatalkan karena biaya yang berlebihan.