Kalender Masehi

webadmin's picture
Pengetahuan

Lagi pengen nulis tentang awal muasal kalender, yang ada hubungannya dengan space and time ( ruang dan waktu ), di mulai dari pengentahuan code kalender masehi.

Kalender Masehi merupakan kalender yang mulai digunakan oleh umat Kristen pada awalnya. Mereka berusaha menetapkan tahun kelahiran Yesus atau Isa sebagai tahun permulaan ( tahun 1 ). Namun untuk penghitungan tahun dan bulan diambil dari kalender orang Romawi yang disebut kalender Julian. Kalender Julian lalu disempurnakan menjadi kalender Gregorian.

Kata Masehi ( disingkat M ) dan Sebelum Masehi ( disingkat SM ) berasal dari bahasa Arab (المسيح), yang berarti "yang membasuh," "mengusap" atau "membelai."

1 Masehi dianggap sebagai tahun kelahiran Nabi Isa Al-Masih karena itu kalender ini dinamakan menurut Yesus atau Masihiyah. Kebalikannya, istilah Sebelum Masehi ( SM ) merujuk pada masa sebelum tahun kelahiran tersebut. Sistem penanggalan yang merujuk pada awal tahun Masehi ini mulai diadopsi di Eropa Barat selama abad ke-8. Dimulai oleh seorang biarawan bernama Dionysius Exiguus dan mula-mula dipergunakan untuk menghitung tanggal Paskah ( Computus ) berdasarkan tahun pendirian Roma.

Meskipun tahun 1 dianggap sebagai tahun kelahiran Yesus, namun bukti-bukti historis terlalu sedikit untuk mendukung hal tersebut. Dionysius Exiguus tidak memperhitungkan tahun 0 serta tahun ketika kaisar Augustus memerintah Kekaisaran Romawi menggunakan nama Oktavianus. Para ahli menanggali kelahiran Yesus secara bermacam-macam, dari 18 SM hingga 7 SM.

Sejarawan tidak mengenal tahun 0, tahun 1 M adalah tahun pertama sistem Masehi dan tepat setahun sebelumnya adalah tahun 1 SM. Dalam perhitungan sains, khususnya dalam penanggalan tahun astronomis, hal ini menimbulkan masalah karena tahun Sebelum Masehi dihitung dengan menggunakan angka 0, maka dari itu terdapat selisih 1 tahun di antara kedua sistem.

Di Indonesia selain tahun Masehi yang digunakan secara resmi, secara tidak resmi masyarakat juga mengenal tahun Hijriyah/tahun Jawa dan tahun Imlek/tahun Tionghoa.

Dalam bahasa Inggris dan dipergunakan secara internasional, istilah Masehi disebut menggunakan bahasa Latin Anno Domini / AD ( Tahun Tuhan kita ) dan Sebelum Masehi disebut sebagai Before Christ / BC ( Sebelum Kristus ). Sistem ini mulai dirancang tahun 525, namun tidak begitu luas digunakan hingga abad ke-11 hingga ke-14. Pada tahun 1422, Portugis menjadi negara Eropa terakhir yang menerapkan sistem penanggalan ini. Setelah itu, seluruh negara di dunia mengakui dan menggunakan konvensi ini untuk mempermudah komunikasi.

Selain itu dalam bahasa Inggris juga dikenal sebutan Common Era / CE ( Era Umum ) dan Before Common Era / BCE ( Sebelum Era Umum ) ketika ada penulis yang tidak ingin menggunakan nama tahun Kristen.

Baca Juga

12 years 5 months ago
Detail of the tomb of Pope Gregory XIII
12 years 5 months ago
12 years 5 months ago