webadmin's picture

Belajar NodeJS

Coding

Step by Step Tutorial for Web Development with Nodejs and ExpressJs Part 1

Artikel ini saya publish untuk dasar pemahaman Aplikasi WEB dengan Node.JS Engine, saya anggap pengunjung adalah yang sudah mengerti tentang webserver, web programming dan sedikit tentang JavaScript.

Javascript sudah sangat familiar digunakan pada semua aplikasi WEB selama ini.

Jaman dulu javascript hanya digunakan / di eksekusi pada sisi client ( Browser ), tapi sekarang javascript sudah bisa di eksekusi pada sisi server, setelah ditemukannya Software Aplikasi NODE.JS yang dbuat oleh Ryan Dhal pada tahun 2009.

Sehingga javascript yang terintegrasi dengan node.js sekarang menurut saya sudah dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman di sisi server yang tidak kalah dengan PHP, C#, ASP, Ruby dan kawan kawan nya.

Engine Javascript dari Google bernama V8, dipakai oleh Node.js, engine yang sama dipakai oleh browser Google Chrome.
Jadi tidak perlu khawatir belajar node.js bakalan mati gaya,
selama google dan node.js selalu update engine nya, belajar node.js gakan percuma deh.

Penggunakan javascript oleh seorang Web Developer pasti sudah wajib hukumnya untuk digunakan.
Hal yang paling mencolok aplikasi node.JS ini adalah dapat mengkondisikan Engine Node.JS sebagai web server, coba aja liat video nya, dijamin ngerti apa itu node.js.

Ayo ah saya sengaja memilih video ini dari youtube sebagai pengenalan belajar node.js karena yang paling mudah dipelajari, yang selanjutnya saya saya juga akan publish pengenalan untuk aplikasi NPM, BOWER, GRUNT dan kawan kawannya.
Bagusnya Anda langsung install node.js seperti yang ada di video, kalo tidak langsung praketek dijamin lupa lagi.. ayo jangan males yaah.. hehe.