webadmin's picture

Amelia Earhart Pernah Singgah di Bandung Sebelum Hilang ?

News
Amelia Earhart dan George P Putnam di Bandung / PURDUE UNIVERSITY LIBRARIES

News Pikiran Rakyat, Sejarah Tokoh pilot wanita keliling dunia asal Amerika Serikat, Amelia Earhart yang hilang di Samudra Pasifik, 2 Juli 1937 lalu, masih menjadi catatan menarik sejarah penerbangan dunia. Namun, catatan persinggahan Amelia Earhart di Kota Bandung berikut kekaguman dan kenangannya dalam rangkaian penerbangan tersebut sering terlewatkan dalam sejarah catatan dunia. 

Begitu pula dalam film berjudul ”Amelia” yang dibintangi Hilary Swank (sebagai Amelia Earhart) dan Richard Gere (sebagai George P Putnam) produksi Fox Searchlight Pictures Amerika tahun 2009, persinggahan di Hindia-Belanda (kini Indonesia), khususnya Kota Bandung, Surabaya, dan Kupang pun tidak terkisahkan. 

Dalam film hanya disebutkan rute Bangkok ke Papua Nugini dan diambil cuplikan di Calcutta India dan Lae Papua Nugini, sampai kemudian digambarkan hilang di Samudra Pasifik dalam perjalanan ke arah sebuah pulau koral bernama Pulau Howland. 

Jika dilihat dari rute-rute penerbangannya dan kisah-kisah yang dikumpulkan ”PR” dari sejumlah arsip Purdue University, Indiana Amerika Serikat, dan arsip surat kabar Australia yang tersimpan di National Library of Australia ”Trove”, Canberra, Australia, hilangnya pesawat Lockheed L-10E Electra bernomor registrasi NR16020 yang dikemudikan Amelia Earhart Fred didampingi mekaniknya Fred Noonan, pada 2 Juli 1937, sebenarnya hanya berselisih beberapa hari setelah keberangkatan dari Bandung. 

Dari kota ini, Amelia Earhart kemudian menuju Surabaya, Kupang, Darwin (Australia), lalu di Lae Papua Nugini Guinea sampai kemudian hilang di perjalalan. Namun, kenangan selama empat hari di Bandung tersebut, Amelia Earhart mengabarkannya ke dunia yang dimuat sejumlah surat kabar terbitan Australia pada 21 Juni-25 Juni 1937. 

Diberitakan surat kabar Warwick Daily News terbitan Queensland dan The Courier-Mail terbitan Brisbane, Selasa, 22 Juni 1937 walaupun dalam berita kecil berjudul ”Miss Earhart at Bandoeng”, Amelia Earhart tiba di Bandung pada Senin 21 Juni 1937, pukul 4.11 setelah menempuh perjalanan dari Singapura. Setelah dari Bandung untuk tujuan perbaikan pesawatnya, Amelia Earhart akan menuju ke Darwin, Australia. 

Ketibaan Amelia Earhart di Bandung juga bersamaan dengan kedatangan suaminya, yaitu George P Putnam yang menggunakan pesawat lain yang berangkat dari Bangkok. Selama menunggu perbaikan pesawatnya di Lapangan Terbang Andir, Amelia Earhart menyempatkan diri berjalan-jalan di Bandung.
 
Catatan Amelia Earhart berjalan-jalan di Bandung tersebut dimuat dalam surat kabar The Sun terbitan Sydney, New South Wales dan The Courier-Mail, terbitan Rabu, 23 Juni 1937. 

Amelia Earhart menggunakan nama Earhart Putnam dalam artikel berjudul ”Mrs. Putnam’s Day Off, Goes Sightseeing In Java”. Catatan tersebut dimaksudkan untuk disebarkan ke seluruh dunia atas kehadiran dan kenanganannya terhadap Bandung.