webadmin's picture

Filosofi Silat Maenpo Cikalong, Nilai Luhur Dalam Gerak Tempur

Religi

Film Dokumenter MAENPO CIKALONG NILAI LUHUR DALAM GERAK TEMPUR

Budaya lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia dapat berupa hasil seni, tradisi, pola pikir, atau hukum adat. Indonesia terdiri atas 33 provinsi, karena itu memiliki banyak kekaayaan budaya. Kekayaan tersebut dapat menjadi aset negara yang bermanfaat untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia luar. Salah satu kebudayaan yang dimiliki Indonesia adalah budaya seni bela diri.

Silat yang dikenal di Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis sesuai dengan daerahnya masing-masing, diantaranya silat minangkabau, Silat Cimande, Maenpo Cikalong, dll.

Maenpo Cikalong merupakan jenis bela diri yang berasal dari Cianjur. Maenpo dijadikan sebagai salah satu falsafah hidup masyarakat Cianjur yaitu Ngaos dalam agama islam yang artinya mengaji dan merujuk pada istilah keberagamaan, Mamaos yang artinya tembang-tembangan atau kesenian budaya sunda dan Maenpo yaitu perwujudan kerja keras. Maenpo dianggap sebagai ikhtiar warga Cianjur untuk mencapai suatu keinginan.

Maenpo bukan hanya sekedar ilmu bela diri yang dapat menjadikan gagah berani, lebih dari itu dalam Maenpo Cikalong terdapat falsafah-falsafah dalam gerakannya. Falsafah ini lah yang diakulturasi oleh masyarakat Cianjur dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam film dokumenter ini disajikan bagaiman latar belakang terciptanya Maenpo Cikalong dan Bagaimana falsafah gerakan Maenpo Cikalong yang di aplikasikan dalam kehidupan masyarakat Cianjur.

Sumber : Ade lukmanul hakim ( Youtube Channel )