webadmin's picture

Apa itu fuel cell ?

Pengetahuan

Fuel Cell adalah sel bahan bakar yang menghasilkan energi listrik, yang dihasilkan oleh proses elektrokimia dengan memanfaatkan elektron bebas dan proton yang di konversi menjadi energi elektrik.

Lebih dimengerti dalam bahasa english hehehe :

A fuel cell is a device that converts the chemical energy from a fuel into electricity through a chemical reaction with oxygen or another oxidizing agent

Yang saya kenal saat ini ada 6 jenis sel bahan bakar ( Fuel Cell ) yang dibedakan berdasarkan pada elektrolit yang digunakan dan kondisi operasi ( suhu dan tekanan ) sel, antara lain :

- AFC : Alkali Fuel Cell,
- PEMFC : Proton Exchange Membrane Fuel Cell
- SOFC : Solid Oxide Fuel Cell,
- PAFC : Posphoric Acid Fuel Cell (PAFC),
- MCFC : Molten Carbonat Fuel Cell,
- DMFC/DEFC : Direct Methanol-Ethanol Fuel Cell

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di wikipedia yah di bawah artikel ini ada Link Source nya loh, karena di sini saya hanya tertarik pada teknologi PEMFC maka saya akan mepelajari PEMFC saja deh.

Diantara jenis - jenis tersebut, fuel cell hydrogen membran elektrolit (PEMFC) paling banyak mendapatkan perhatian orang orang di beberapa Negara saat ini, karena memiliki kelebihan dibandingkan mesin / sel konvensional lainnya.

Sel ini menggunakan elektrolit padat yang disebut (proton exchange membrane, PEM ) yang mudah dibuat, efesiensi tenaga hampir dua kali lipat dibandingkan dengan efisiensi mesin / sel konvensional.

Mengapa saya pilih teknologi PEMFC ?

1. Hasil reaksi elektrokimia hanya air ( zero emission ),
2. Bersifat modular, tidak ada masalah korosi,
3. Tidak mengeluarkan bunyi bising dan dapat diaplikasikan untuk alat yang bergerak maupun alat alat yang statis.
4. Sel bahan hidrogen merupakan salah satu alat penghasil tenaga yang merubah energi elektrokimia secara langsung menjadi energi listrik.
5. Hasil reaksi elektrokimia adalah air, berbeda dengan mesin / sel konvensioanal menghasilkan gas buang yang beracun seperti ( CO2, CO, SOx, NOx, VOM dan gas-gas lainya yang sangat membahayakan lingkungan ).

Disamping itu sel bahan bakar menghasilkan efisiensi tenaga yang tinggi dibandingkan dengan mesin konvensional karena tidak ada kerugian gesekan poros. Sel dapat dibuat untuk dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik bahkan untuk peralatan kecil seperti PC sampai dengan alat-alat trasportasi.