webadmin's picture

Sejarah masuk islam di Indonesia

Pengetahuan
Ilustrasi Map Indonesia

Ketika saya masih menginjak Sekolah Menegah Pertama sampai dengan Sekolah Menengah Atas, guru sejarah menceritakan tentang awal muasal Islam masuk ke Indonesia yaitu pada tahun sekitar Abad 13 atau 1200 - 1300 Masehi, dibawa oleh bangsa Gujarat melalui serambi mekah ( Aceh ). Jaman saya sekolah belom ada Internet, jadi informasi itu dimamam mentah mentah aja dah.. hahaha,
sedangkan literatur lainnya ada yang menceritakan juga kalau sejarah di Indonesia itu sudah dirusak oleh bangsa Kolonial sejak mereka masuk ke Indonesia, demi kepentingan politik Kekuasan bangsa bangsa pada jaman itu.

Saya menjadi penasaran apakah benar sejarah sejarah yang saya pelajari dan ketahui pada jaman saya sekolah, sudah mengalami Distorsi sejarah demi kepentingan kaum atau bangsa terdahulu ? , tulisan, situs dan referensi buku berikut adalah pendapat tentang awal masuknya Islam di Indonesia :

A. Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 7 :

  1. Seminar masuknya islam di Indonesia (di Aceh), sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera, ref buku Muruj adz-Dzahab wa Ma’adin atau Meadows of Gold and Mines of Precious Stones (Padang Rumput Emas dan Tambang Batu Mulia).
  2. Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
  3. Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.
  4. Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969), di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malaya-Indonesia pada 672 M.
  5. Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
  6. Prof. S. muhammmad Huseyn Nainar, dalam makalah ceramah berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia, menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
  7. W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674). (Ta Shih = Arab Muslim).
  8. T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).

B. Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 11 :

  1. Satu-satunya sumber ini adalah diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimun dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun (dimasehikan 1082).

C. Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad 13 :

  1. Catatan perjalanan marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di aceh, pada tahun 1292 M.
  2. K.F.H. van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
  3. J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13.
  4. Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13, berdasarkan saudah adanya beberapa kerajaaan islam di kawasan Indonesia.

Jika kita melihat dari literatur di atas, menurut saya pribadi dari C hingga ke A, Literatur C gugur oleh B, dan B gugur oleh A... jika Literatur A benar, maka riset saya akan mulai dari A, https://book.google.co.id atau https://www.wdl.org sumber buku digital yang saya ambil untuk membuktikan informasi informasi tersebut.

Buku Al mas’udiMeadows of Gold and Mines of Precious Stones. menjadi referensi saya pertama, site demi site saya telusuri dari Kerajaan Kalingga (Ho-ling) yaitu kerajaan Hindu Budha tua pertama di Nusantara, cari translate buku Al Mas'udi dan sampai video Ustadz Haikal Hassan Sejarah Islam Bagian 2 Oleh Ustadz Haikal Hassan jangan lupa juga nonton Sejarah Islam Bagian 1 Oleh Ustadz Haikal Hassan.

Ok lah ini masih harus di edit.. lagi M juga karena saking banyak nya referensi site di buat keblinger sayah... karena saya harus berhati hati dalam mempelajarinya yang mana jaman ini udah jaman uedan tenan katanya.. fitnah distorsi sejarah dan informasi sudah banyak yang tidak islamiah... dari para ulama ulama mempunyai argumen masing masing, dari cara adzan, yang ini bid ah yang itu bid ah, menyakiti sesama ulama dan banyak lagi... harus balik ke diri kita sendiri mana yang bisa di terima mana yang ndak toooh.. Asal kita betul niat ingin menjadi Manusia Se Utuh nya... jika kita sudah menjadi Manusia berarti mengikuti syariat syariat hidup dalam Islam sesungguhnya, Maka dari itu kita harus percaya walau fitnah menghadang Allah akan melindungi orang orang yang benar, dan selalu di bimbing ke jalan yang selalu benar.