Superkomputer 'Jaguar'

webadmin's picture
Teknologi
Superkomputer 'Jaguar'

Jepang - 21 Juni 2011, Cray Inc mengatakan Telah sepakat untuk merombak Superkomputer Departemen Energi Amerika Serikat "Jaguar", sehingga performanya lebih cepat daripada mesin lain yang ada di planet ini. Superkomputer ini baru akan berganti nama menjadi " Titan ".

Superkomputer di DOE Oak Ridge National Laboratory akan berganti nama menjadi "Titan" setelah dilengkapi dengan chip dari perusahaan California NVIDIA dan Advanced Micro Devices ( AMD ).

"Semua bidang ilmu bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan substansial dalam daya komputasi , membuka pintu untuk penemuan baru bahwa sejauh ini telah keluar dari jangkauan, "kata laboratorium associate director untuk komputasi Jeff Nichols.

"Titan akan digunakan untuk berbagai proyek penelitian yang penting, termasuk pengembangan biofuel yang lebih komersial, mesin pembakaran ramah lingkungan, energi nuklir untuk lebih aman dan tenaga surya lebih yang lebih efisien."

NVIDIA mengkhususkan diri dalam GPU ( graphics processing unit ) chip yang digunakan untuk mengaktifkan tampilan, grafik grafik tampilan yang halus seperti di videogame dengan segudang tugas-tugas pengolahan secara simultan melalui komputasi paralel.

AMD perusahaan pesaing akan memberikan chip yang kuat, untuk proses data dalam urutannya sebagai standar di rumah atau komputer bekerja.
"Keputusan Oak Ridge untuk basis Titan pada Tesla GPU menggarisbawahi keyakinan yang berkembang bahwa GPU berbasis komputasi heterogen adalah pendekatan terbaik untuk mencapai tingkat komputasi exascale dalam dekade berikutnya," kata NVIDIA kepala kantor teknologi Steve Scott.

Cray menghargai kontrak multi tahunan itu lebih dari US $ 97.000.000 dan mengatakan bahwa Titan setidaknya akan dua kali atau tiga kali lebih cepat dalam pemanfaatan energi yang efisien hari ini dan di cap sebagai super komputer tercepat di dunia, yang terletak di Jepang.

Baca Juga

13 years 10 months ago
13 years 10 months ago