webadmin's picture

Kemunculan lubang misterius di Siberia Juli 2014

News

Scientists Investigating Mysterious Giant Hole In Siberia

Tim ekspedisi dikirimkan untuk menyelidiki kawah raksasa yang telah muncul dalam kaya gas Siberia utara.

Foto udara Luar menunjukkan lubang misterius yang menurut para ahli, mungkin mempunyai lebar sampai 80 meter, di Yamal Peninsula Rusia utara.

"Sebuah tim ilmiah telah dikirim untuk menyelidiki lubang dan dijadwalkan tiba di tempat kejadian pada hari Rabu," laporan dari The Siberian Times.

Penyebab munculnya lubang yang tiba-tiba di Yamal - yang diterjemahkan sebagai 'akhir dunia' - di ujung utara Siberia belum diketahui.

Ada web spekulasi tentang kawah menunjukkan pernah 'kedatangan UFO' di lokasi ini.

Tapi satu ahli Rusia mengatakan penyebabnya adalah lebih mungkin gas pemanasan global di bawah keluar ke permukaan, yang kemudian meledak seperti gabus botol sampanye.

Para ahli mengatakan bahwa samar samar di sekitar tepi bagian dalam dari kawah menunjukkan indikasi ada yang 'terbakar parah' yang ujungnya hangus.

Teori lain ada yang menperkirakan bahwa lubang itu dibentuk oleh meteorit di Daerah Otonomi Yamalo-Nenets, sekitar 20 km dari lapangan gas Bovanenkovo​​.

Ekspedisi yang diselenggarakan oleh otoritas Yamal termasuk ahli dari Pusat Rusia untuk Studi Kutub Utara, dan juga Cryosphere Institut Academy of Sciences.

Mereka berencana untuk mengambil sampel tanah, udara dan air dari tempat kejadian.

Mereka akan didampingi oleh seorang spesialis dari Kementerian Darurat Rusia.

Seorang juru bicara untuk cabang Yamal kementerian telah mengesampingkan meteorit, tetapi mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang menyebabkan lubang.

"Kita pasti bisa mengatakan bahwa itu bukan meteorit," katanya.

Anna Kurchatova dari Sub-Arctic Ilmiah Research Centre, berpikir kawah dibentuk oleh campuran air, garam dan gas memicu ledakan bawah tanah, akibat dari pemanasan global.

Gas terakumulasi dalam es bisa dicampur dengan pasir di bawah permukaan, dan kemudian dicampur dengan garam.

Beberapa 10.000 tahun yang lalu daerah ini adalah laut.

Yamal, semenanjung besar yang menjorok ke perairan Arktik, adalah wilayah produksi utama Rusia untuk gas yang dipasok ke Eropa.