webadmin's picture

Ikan Berkepala Mirip Buaya Ditemukan Warga di wilayah Cirebon Bagian Timur

News

Ditemukan Ikan Berkepala Mirip Buaya, oleh Warga di wilayah Cirebon bagian timur, Menggegerkan warga di wilayah Cirebon bagian timur.
Ikan berukuran sekitar 1,10 meter yang ditemukan daris sebuah situ tersebut bagian kepalanya mirip dengan kepala buaya...
Temuan ikan berukuran besar itu berawal saat Rasta mencari udang di situ tersebut dengan menggunakan jaring.
Namun, pada kedalaman sekitar 1,5 meter jaringnya menyangkut, setelah dilihat ternyata seekor ikan yang cukup besar yang tidak pernah ditemui masyarakat sebelumnya.

Menurut Ny. Idah (35), awalnya, suaminya ada keraguan untuk membawa pulang ikan aneh yang bagian kepalanya mirip buaya tersebut.
Namun, akhirnya memberanikan diri membawanya pulang dengan menempatkannya dalam suatu wadah berupa bak plastik.

Selain ukuran panjangnya mencapai 1 meter lebih dan beratnya mencapai 20 kg. Pada bagian mulut ikan tampak pipih dan terdapat gigi tajam serta moncong yang menyerupai buaya. Pada bagian badan tampak bersisik kasar dengan perpaduan warna putih dan hitam.

Berbeda dengan buaya dimana pada bagian ekor terdapat duri, pada ekor ikan ini sama dengan ikan yang lain.
"Antara takut dan gembira, akhirnya saya memutuskan untuk membawanya ke pinggir dan membawanya pulang," kata Rasta.

Sementara Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kab. Cirebon, Ilman, mengaku, belum mendapatkan laporan resmi terkait penemuan ikan sepanjang lebih dari 1 meter itu. Namun, diakuinya, DKP. Pernah menebar bibit ikan ke setu Pengasinan namun, tidak ada jenis yang seperti ditemukan Rasta.

Atas informasi temuan jenis ikan unik berukuran besar dan panjang tersebut pihaknya akan segera melihatnya melalui petugas di lapangan. "Kami secepatnya menugaskan staf untuk melihat temuan ikan yang menghebohkan itu," kata Iman, menjelaskan.

Note from admin.. ini ikan nama latin nya "Atractosteus spatula", pernah ditemukan di tahun 1910 dengan ukuran luar biasa besarnya, yaitu dengan panjang sekitar 3 meter (atau 10 kaki), di Sungai Mhoon Mississippi (http://cyberwap.net/blog/view.php?id=98926).

Saya tidak bisa membayangkan jika yang diketemukan di sungai-sungai kita adalah ikan Atractosteus spatula atau sejenisnya atau famili dekatnya, yang panjangnya 3 meter. Pasti dianggap rajanya penunggu sungai. Dan karena heboh dan kaget, hal ini akan terbawa ke bawah sadar si penemu ikan hingga ke alam mimpinya nanti malam... bahkan mungkin kerabat dekatnya juga kesurupan (gejala mirip trance), karena sebelumnya memang sudah memendam stress berkepanjangan dan shock melihat ikan aneh mirip buaya. Dan semakin hebohlah cerita mistis ini.

Kalo mau liat ada di Objek Pariwisata Bogor Jawa Barat
Kampoeng Air Katulampa
Jln Katulampa Panjang, bendung Katulampa, Bogor Timur
Website: http://kampoengkatulampa.blogspot.com
http://www.kampoengkatulampa.multiply.com
Di rumah makan Sindang Reret Bandung juga ada.. :p