webadmin's picture

Mobil antik tertua di dunia £1.6m dilelang

Otomotif

Mobil tertua di dunia, sebuah Dion Bouton 1884 De Et Trepardoux Dos-A-Dos Runabout Uap, telah disiapkan untuk penjualan dan diharapkan untuk mengambil sampai £ 1.6million ketika dilelang awal bulan depan.

127 tahun kendaraan bertenaga uap dibuat di Perancis pada tahun 1881 untuk Count De Dion, 12 tahun sebelum Henry Ford merakit mobil pertamanya.

Dijuluki 'La Marquise,' dalam penghormatan kepada ibunya sendiri ( De Dion ), hanya sembilan meter dan beratnya £ 2.100 dan memiliki kecepatan maksimum 38 mil per jam.

Mobil yang memakan waktu 45 menit untuk menghasilkan uap yang cukup untuk berjalan, didukung oleh potongan-potongan kertas, kayu dan batu bara. Sementara roda tipis logam yang dibungkus dengan karet padat.

Pendiri rumah lelang David Goodling berkata: "Rasanya seperti pergi 80 atau 90 mil per jam dalam sebuah mobil baru. Dan, baru, maksudku tahun 1910. "

Penulis ahli otomotif David Burgess-Wise memeriksa ciptaan De Dion pada tahun 1995 lalu dan dengan cepat menegaskan bahwa La Marquise adalah mobil tertua.

Salah satu insinyur mobil Georges Bouton ambil bagian dalam balapan mobil pertama di dunia motor, tetapi merupakan peserta saja!

Pengamat tertarik mencatat bahwa ia rata-rata kecepatan 16mph untuk acara kembali dari Paris ke Versailles dan bahkan mencapai 37mph pada jalur lurus.

Count De Dion hanya memegang aset berharga ini sampai 1906, yang pada waktu itu akhirnya menjual ke Perwira Prancis Henri Doriol.

Keluarga Doriol dimiliki 'La Marquise' untuk 81 tahun tapi gagal untuk membuat mobil ini berjalan setelah kehilangan both copper dan brass fittings setelah perang di tahun 1914.

Setelah berpindah tangan lagi pada tahun 1987, kepada Tim Moore, seorang anggota Veteran Car Club Inggris yang membuat mobil berfungsi lagi hanya dalam kurun 1 tahun. Ketika itu, Moore pernah mengambil bagian dalam beberapa kompetisi otomotif, termasuk empat kompetisi di London-Brighton wahana.