webadmin's picture

Facebook Membangun Pesawat Tenaga Surya

News
Aquila Plane by Facebook

Facebook rupanya tidak main main dan sangat berambisi dalam rencana nya membangun infrastruktur dan strategi nya untuk "Menghubungkan Dunia Melalui Internet".

Akhir tahun lalu 2014, facebook telah mencoba meluncurkan pesawat Energy Surya yang dinamakan AQUILA, 
yaitu pesawat yang akan membantu Konektifitas Internet dari dan di Udara, dengan teknologi transmisi Laser Komunikasi sebesar 10Gbps, 10x lebih cepat dengan konektifitas biasanya.

Lebar sayap pesawat ini hampir sama dengan lebar pesawat Boeing 737, dengan berat 800 Pounds atau sekitar 363 Kg, yang rencanya dapat terbang di ketinggian 60.000 - 90.000 kaki atau 18Km - 27Km di atas langit selama terbang sekitar 90 hari.

Sistem Kerja Aquila, data internet akan dipancarkan dari stasiun relay darat untuk pesawat Aquila, di mana data akan dikirimkan antar pesawat Aquila di udara.

 

Kemudian, data internet ditransmisikan oleh Aquila ke daerah di mana internet konvesional belum mencakup daerah yang diinginkan.

 

Untuk memberikan konektivitas internet, Facebook berencana untuk menggunakan laser 10Gbps, 3x lebih cepat dari komunikasi data konvesional.

 

Para insinyur menggunakan 88-gram T700 serat karbon, 3 kali sekuat baja, lebih ringan dari aluminium.