Teori Partikel Neutrinos terdiskreditkan

webadmin's picture
Teknologi
Detection of the Free Neutrino: a Confirmation 1959

Jenewa - Baru beberapa waktu lalu sejak Proyek Osilasi dengan Emulsi-pelacakan (OPERA) - ( Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus ) pengumuman dirilis mengklaim bahwa mereka telah mengukur neutrino muon bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, menyebabkan keributan di komunitas Fisikawan. Sejak saat itu, banyak makalah ( mungkin sebanyak 30 ke server yang preprint arXiv sendiri ) telah dipublikasikan mencari cara untuk mendiskreditkan temuan tersebut. Sejauh ini walau hanya ada dua yang tampak kredibel.

Yang pertama adalah oleh Carlo Contaldi dari Imperial College London.
Dia mengatakan bahwa kemungkinan tim OPERA gagal untuk mengambil angka gravitasi ke persamaan matematika mereka dan efeknya pada jam yang digunakan pada waktu percobaan. Hal ini karena tingkat gravitasi di dua stasiun yang terlibat dalam percobaan (Gran Sasso National Laboratory di Italia dan fasilitas CERN di Jenewa) yang berbeda, sehingga salah satu jam akan berjalan sedikit lebih cepat dari yang lain, sehingga perhitungan waktu nya tidak valid . Jika hal ini ternyata menjadi kasus, maka tim OPERA pasti akan malu telah mengabaikan seperti masalah dasar dengan studi mereka.

Yang kedua adalah oleh Andrew Cohen dan Sheldon Glashow,
yang bersama-sama menunjukkan bahwa jika neutrino dalam penelitian ini adalah pada kenyataannya perjalanan secepat seperti yang diklaim, mereka seharusnya memancarkan partikel saat mereka pergi, meninggalkan jejak terukur, hal ini karena transfer energi yang akan terjadi antara partikel bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Dan karena tim OPERA tidak mengamati setiap jejak seperti ( atau setidaknya tidak melapor ) maka bahwa neutrino sebenarnya tidak bepergian secepat diklaim dan pengukuran kecepatan yang dihasilkan harus dihubungkan dengan sesuatu yang lain.

Dua makalah ini tentunya benar-benar membantah hasil temuan tim OPERA, yang pertama hanya menunjukkan mungkin ada masalah dengan cara pengukuran diambil, yang kedua membutuhkan lebih dari sebuah " tidak bisa benar karena ... " Pendekatan yang hanya menyoroti ketidakpercayaan umum dalam komunitas fisika mengenai kemungkinan yang sangat dari apa pun, apalagi kecepatan neutrino bepergian lebih cepat dari kecepatan cahaya, bermain-main dengan teori-teori Einstein yang paling dasar. Yang pertama dapat diatasi dengan cukup mudah oleh tim OPERA jika demikian keinginannya, dan yang kedua, baik, jika neutrino sebenarnya tidak dalam perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya dan melakukannya tanpa meninggalkan jejak, banyak teori fisika akan memiliki teori yang harus dipikirkan kembali. Meskipun ada pertentangan yang mungkin tidak selalu menjadi hal buruk, fisikawan harus dapat menemukan jawaban untuk menjelaskan dari alam sekitar kita setelahnya, bahkan jika itu berarti akan kembali memulai pemikiran sebelumnya, sekarang dan kemudian waktu.