webadmin's picture

ELI ( Extreme Light-Ultra Infrastructure ) proyek besar ilmiah akan dibangun di Inggris

Teknologi
Prototype Extreme Light-Ultra Infrastructure

Sebuah bagian proyek ilmiah utama baru yang bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang paling mendasar tentang alam semesta kita sedang dibangun di Inggris.

Kelanjutan dan mengikuti dari jejak penelitian LCH ( Large Hadron Collider ), terakhir eksperimen "big science" ini diusulkan oleh fisikawan yang akan melihat laser paling kuat di dunia yang pada saat ini sedang dibangun.

Mampu menghasilkan sinar cahaya begitu kuat yang akan setara dengan kekuatan yang diterima oleh bumi dari matahari, difokuskan ke titik lebih kecil dari sebuah ujung pin, ilmuwan mengklaim bahwa mereka mungkin bisa memanaskan materi dalam ruang hampa ( vakum ).

Ini Berlawanan dengan pengetahuan / kepercayaan populer, Bahwa ruang hampa tidak mempunyai partikel didalamnya, tetapi pengetahuan lain mengatakan bahwa dalam kenyataannya ruang vakum ini pasti ada sebuah materi misterius yang sangat kecil, dengan kecepatan yang begitu cepat sehingga tak seorang pun mampu membuktikan bahwa materi di dalam ruang hampa itu ada.

Extreme Light Ultra-High Infrastruktur ( ELI ) Project adalah fasilitas penelitian yang akan menghasilkan laser yang sangat kuat sehingga para ilmuwan mengatakan itu akan memungkinkan mereka untuk mengungkapkan partikel-partikel ini untuk pertama kalinya dengan menarik partikel dari ruang hampa.

Mereka juga percaya bahkan ada kemungkinan mereka dapat membuktikan apakah dimensi lain itu ada.

"Laser ini akan 200 kali lebih kuat daripada laser paling kuat yang saat ini ada," kata Profesor John Collier, seorang pemimpin ilmiah untuk proyek ELI dan direktur Pusat Laser Fasilitas di Rutherford Appleton Laboratory di Didcot, Oxfordshire.

"At this kind of intensity we start to get into unexplored territory as it is an area of physics that we have never been before."

The Ultra-High ELI Laser dijadwalkan akan selesai pada akhir dekade dan akan memakan biaya berkisar £ 1 miliar ( poundsterling ). Meskipun lokasi untuk fasilitas tersebut belum diputuskan sampai tahun depan, Inggris adalah di antara beberapa negara Eropa yang akan menjadi host nya.

Komisi Eropa telah menyetujui rencana tahun ini untuk membangun tiga laser lain yang akan membentuk bagian dari proyek ELI dan akan menjadi prototipe Ultra-High Field laser.

Karena tersebar di beberapa negara antara lain Republik Ceko, Hungaria dan Rumania, maka project ini masing-masing akan memakan biaya sekitar £ 200 juta dan dijadwalkan akan mulai  beroperasi pada tahun 2015.

Ultra-High Field laser akan terdiri dari 10 balok, masing-masing dua kali sekuat laser prototipe, yang memungkinkan untuk menghasilkan keukatan sebesar 200 petawatts ( lebih dari 100.000 kali kekuatan produksi listrik gabungan dunia ) per detik.

Besar energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan sinar laser ini disimpan dari waktu ke waktu sebelum digunakan untuk menghasilkan laser yang besar pada beberapa blok laser, kemudian laser tersebut digabungkan dan terfokus ke dalam media yang sangat kecil, seperti contohnya sinar matahari melalui media lensa kaca pembesar.



Pada titik fokus, intensitas cahaya akan menghasilkan kondisi yang sangat ekstrim bahkan mungkin tidak ada di dalam pusat matahari.

Ini akan menyebabkan partikel misterius dari materi dan antimateri akan membentuk sebuah ruang hampa yang akan dipecahkan secara terpisah, ini memungkinkan para ilmuwan dapat mendeteksi muatan listrik kecil yang akan dihasilkan.
Ghost Partikel "partikel hantu", biasanya akan musnahkan satu sama lain begitu mereka muncul ( jika pernah menonton film davici code / angel and demon ), tetapi dengan menggunakan laser untuk menarik mereka terpisah, fisikawan percaya bahwa mereka akan mampu mendeteksi mereka.

Ini bisa membantu untuk menjelaskan misteri tentang mengapa alam semesta mengandung materi yang lebih jauh dari kita setelah mampu mendeteksi dengan mengungkapkan apa yang disebut dengan materi gelap ( dark matter ) sebenarnya. Banyak hubungannya teori ini dengan terjadinya black hole dan lain lain.

Profesor Wolfgang Sandner, koordinator jaringan Eropa Laserlab dan presiden Komunitas Fisika Jerman, mengatakan: "Kami diajarkan untuk berpikir tentang keadaan vakum adalah sebagai ruang hampa / kosong, tetapi tampaknya keadaan vakum yang benar adalah berisi dengan pasangan molekul yang diciptakan semesta untuk waktu yang sangat singkat ( GOD PARTICLE ).

"Sebuah laser yang sangat kuat harus dapat menarik partikel-partikel ini terpisah dan menjaga eksistensi mereka lebih lama."

"Ada banyak tantangan yang akan datang sebelum kita bisa melakukan itu, tetapi terutama masalah scaling up teknologi yang kami miliki sehingga kita dapat menghasilkan kekuatan yang dibutuhkan."

Konsul Sains dan Fasilitas Teknologi, yang akan menyediakan dana untuk keterlibatan Inggris di fasilitas ilmu utama ini termasuk Large Hadron Collider di CERN Jenewa.

Para ilmuwan di Pusat Teknologi dan Aplikasi Laser Lanjutan di Rutherford Appleton Laboratorium di Dicot, Oxfordshire, telah mengembangkan teknologi yang akan menjadi penting untuk menghasilkan laser kuat seperti itu.

Teknologi ini akan menawarkan wawasan pengetahuan baru di dunia ini yang belum ditemukan teori fisika yang ada, para ilmuwan mengatakan laser ELI juga akan menghasilkan sistem laser baru untuk perawatan penyakit kanker dan diagnosa medis.

Dr Thomas Heinzl, seorang profesor fisika teori di Plymouth University, mengatakan: "ELI akan membawa kita ke sebuah rezim yang belum dipetakan fisika bisa jadi ada beberapa kejutan dalam perjalanan ini.."

Kita tunggu kabar berita atikel selanjutnya yang akan penulis pantau terus dari site mereka, silahkan kunjungi site project ELI dengan memulainya di :
http://www.extreme-light-infrastructure.eu/

Catatan :
( GOD PARTICLE ). Untuk seorang muslim mungkin kata kata tersebut sangat tidak tepat karena secara religi kita sebagai seorang muslim, itu akan menjurus ke hal yang musrik, penulis tidak bermaksud untuk menyamai dengan zat Nya. Mungkin tujuan tujuan dari penelitian ini ada maksud tertentu, tergantung dari kita menyikapinya. Akan tetapi tulisan ini bertujuan agar kita tahu bahwa ada kegiatan fisika di luar sana yang perlu kita perhatikan tanpa kita berpaling dari Kuasa - Nya.